Senin, 16 Juli 2012

Resep Cara Membuat Es Krim

Berikut ini saya akan coba menyampaikan bagaimana cara untuk membuat es krim rasa durian alias duren dan coklat tersebut buat anda secara lengkap dan pasti anda dapat meumpraktekkannya

jika biasanya anda terbiasa membeli es krim di toko – toko dengan harga mahal, sekarang anda dapat membuat sendiri untuk anak anda atou yang menjualnya sekarang ini kenapa tidak kita mencoba membuat es krim sendiri di rumah dengan pengerjaan yang prakris, praktis dan hemat biaya juga pastinya. Es krim pada dasarnya tidak terlalu rumit untuk di buat sendiri mengingat bahan utamanya bisa di dapat dengan mudah di tempat anda, untuk itu di bawah ini saya sertakan secara detail bagaimana cara membuat es krim sendiri di rumah.

es krimBahan Utama Yang Diperlukan :
1. 1900 ml cream/kepala susu
2. 500 ml Susu cair (atau bisa juga santan kelapa)
3. 16 butir telur
4.400 ml gula (lebih bagus lagi kalau gula halus)
5. 4 sendok teh vanilli

Rasa yang akan kita coba dalam resep es krim kali ini adalah dengan menggunakan durian jadi siapkan paling sedikit 1 buah alpukat, dan tidak menjadi masalah jika anda ingin mencobanya dengan rasa yang lain contoh durian atou coklat.

Alat Yang Diperlukan dalam pembuattannya:
1. blender
2. lemari es (kulkas n freezer)
3. panci kecil
4. wadah es krim
5. kompor

Berikut Cara Pembuatan
Adonan pertama:
durian diblender, kemudian ditaruh ke dalam panci. Masukkan cream dan susu/santan. Seluruhnya dipanaskan pelan-pelan sambil terus diaduk. Jika sudah panas (gelembung udara mulai naik), panci diturunkan.

Adonan yang keu dua:
Telur (kuning+putihnya), gula, dan vanili diblender (dikocok). Lalu dituangkan ke dalam panci berisi adonan 1.

Dengan Catatan : Krim / Kepala susu adalah bagian dari susu yang kental yang lebih dikenal dengan kepala susu dan mengandung lemak sekitar 18%-48%. Untuk krim dengan kandungan lemak tinggi diatas 30% bila dikocok menjadi kaku seperti es krim dengan cita rasa gurih. Biasanya krim dipakai untuk memperkaya rasa gurih pada masakan, beragam cake, minuman dan dessert. Baik sebagai campuran, olesan, maupun topping dan hiasan. Biasanya di jual di supermarket seperti carefour ada koq…bisa merk Anchor Cream cari di bagian keju (tempat yg ada kulkasnya)

Kemudian semuanya dipanaskan lagi, sambil diaduk terus hingga merata dan mengental. Setelah kental, dituangkan ke dalam wadah es krim (cetakan) ditaruh ke dalam kulkas selama 3-4 jam. Setelah itu dipindahkan ke dalam freezer, setiap 1 jam diaduk, supaya tidak terjadi pengkristalan es. Setelah 3-4 kali pengadukan ( = 3..4 jam) menurut pengalaman tidak perlu lagi diaduk. Jika es krim yang jadi terlalu keras/liat, sebaiknya 10 menit dikeluarkan sebelum disajikan. Sangat klop bila di hidangkan dengan kue roti tawar.aduh mantap tambahkan asesoris di atasnya dengan straberi supaya krlihatan cantik

1 komentar: